DINAS SDA KAB. MALANG BANTU PETANI DENGAN BANGUN EMBUNG

Kadin SDA Kab. Malang ir. Moch Anwar

Kab. Malang – TFBI

Desa Banjarejo Kecamatan Pakis ,setiap datangnya musim kemarau biasanya mengalami kekeringan segera teratasi, Setelah Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Malang segera membangun embung senilai Rp 1 miliar di tempat tersebut.

 

Kepala Dinas SDA Kabupaten Malang, Ir Moch Anwar mengatakan, anggaran embung itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal.

“Bulan depan embung itu mulai dibangun. Diharapkan selesai dalam jangka waktu tiga bulan ke depan,” ujarnya kepada TFBI (7/10) .

 

Lebih lanjut dijelaskan, pembangunan embung itu tidak hanya mengatasi masalah kekeringan, Melainkan juga untuk pertanian.

 

“Embung tersebut nantinya akan difungsikan untuk mengairi persawahan dan lahan tanaman palawija yang kekurangan air pada musim kemarau,” terangnya.

Menurut mantan Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang ini, pembangunan embung diharapkan dapat digunakan untuk irigasi pada lahan pertanian sebagai langkah-langkah strategis terkait dalam mendongkrak surplus pangan.

“Pembangunan embung ini nantinya akan digunakan untuk irigasi lahan pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengoptimalisasikan bidang ketahanan pangan,” jelas Abah Anwar, panggilan akrabnya.

Dia mengatakan pembangunan embung ditahun ini nantinya di Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis ini berdaya tampung 1.500 meter kubik mampu melayani kebutuhan air bagi 20 hektar. “Di tahun 2018 nanti, kami ajukan lagi untuk pembangunan empat embung,” tegasnya.

Empat embung itu dibangun di Desa Clumprit, Kecamatan Gedangan, Desa Karangsuko, Kecamatan Gondanglegi, Desa Kademangan dan Desa Sidorejo Kecamatan Pagelaran. Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga melakukan pengoptimalkan fungsi embung. (Win)