DESA BINA KARYA ADAKAN PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK PERTANIAN

 

Garut – TFBI .

 

Kabupaten Garut merupakan salah satu kabupaten di jawa barat  yang mempunyai lahan pertanian cukup luas dan masyarakatnya mayoritas bercocok tanam, maka tidak heran pemda Garut terus membina para petaninya dengan cara mengadakan pelatihan – pelatihan dan belum lama ini tepatnya pada hari Selasa ( 18/7 /2017 ) Pemerintah Desa Binakarya menyelenggarakan pelatihan pertanian,pelatihan tersebut di ikuti enam kelompok tani yg ada di desa tsb yakni : kelompok tani Mekar, Galih Mekar ,Mekar tani ,Makmur Mekar, tani Binakarya ,Bina Warga ,Karya Tani ,Mekar tani Waruga selain di ikuti oleh enam kelompok tani tersebut juga ada perwakilan dari Kelompok Tani Wanita ( K W T )  sedang nara sumber dari Komunitas Granumma Organik dari kab. Subang Ir , Neneng Tini Hartini .

Menurut Ir. Neneng Tini Hartini (50) Petugas Penyuluh Lapangan yang ikut mendampingi para petani  mengatakan,” pelatihan semacam ini sangat besar manfaat nya bagi para petani selain untuk mengenal dan memperdalam pupuk organik cair,juga ada segi  ekonomis nya karena pupuk ini bisa di pruduksi oleh petani itu sendiri  dan bahan nya pun sangat mudah di dapat di desa ini , hal ini dalam jangka panjang akan meningkatkan taraf hidup para petani binaanya ,” ungkap nya .

senada dengan Ir. neneng Kades Binakarya Asep Zaenal  mengatakan, ”  saya tidak akan bosan  mengadakan pelatihan – pelatihan semacam ini  karena  hal ini sangat di butuh kan oleh para petani di desa nya  agar kelak nanti bisa menjadi petani yang mandiri dana pelatihan ini di ambil dari dana desa tahun 2017 ” Ungkap nya ( Moch ,Yana )