KAB. MALANG TERIMA 3 PENGHARGAAN LINGKUNGAN

Presiden RI H Joko Widodo (kiri) saat memberikan selamat kepada Bupati Malang H Rendra Kresna (kanan), atas diperolehnya tiga pengharagaan bidang lingkungan hidup,

Kab Malang – TFBI

Kabupaten Malang kembali terima penghargaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini penghargaan yang diterima di bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tidak tanggung-tanggung, penghargaan yang diterima tiga sekaligus yakni Adipura, Nirwasita Tantra, dan Desa Proklim.

Penghargaan tersebut langsung diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (RI) Siti Nurbaya Bakar kepada Bupati Malang H Rendra Kresna, yang disaksikan Presiden RI H Joko Widodo pada Puncak Acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 dan Landmark Hutan Indonesia, di Plaza Ir Soedjono Soerjo Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, di Jakarta, pada Rabu (2/8).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang Budi Ismoyo, Rabu (2/8), saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, penghargaan yang diraih Kabupaten Malang ini merupakan rangkaian panjang dari proses penilaian dari Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Alhamdulillah, pada hari ini, Kabupaten Malang langsung mendapatkan tiga penghargaan sekaligus di tingkat nasional, di bidang Lingkungan Hidup,” terangnya. Untuk penghargaan Adipura diberikan untuk Kota Kepanjen sebagai Pusat Ibu Kota Kabupaten Malang, dan Adipura ini diperoleh yang ke 10 kalinya. Selain Adipura, Kabupaten Malang juga memperoleh juara satu nasional Nirwasita Tantra dan Desa Proklim Tingkat Nasional Desa Rejosari, Kecamatan Bantur. Untuk penghargaan Narwasita Tantra baru pertama kali mendapatkan penghargaan tingkat nasional.

masih kata Budi Ismoyo, “Karena Nirwasita Tantra tersebut memang baru pertama kali diikuti Kabupaten Malang. Namun, meski baru pertama kali ikut dalam penilaian nasional, tapi telah menunjukkan prestasi secara nasional, sehingga bisa mengalahkan kabupaten-kabupaten se-Indonesia,” .

“Kabupaten Malang telah membawa pulang tiga penghargaan sekaligus, yaitu penghargaan di bidang lingkungan hidup,” terangnya.

dia menjelaskan, dengan diraihnya tiga penghargaan tersebut, merupakan wujud sinergitas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang terus berupaya bersama masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup. Tanpa peran serta warga Kabupaten Malang dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, tegas Budi, tidak mungkin Kabupaten Malang mendapatkan penghargaan tertinggi secara nasional.(Win)