KPU KOTA BATU LAUNCHING RUMAH PINTAR PEMILU

Batu – TFBI
Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Batu melakukan launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang diberi nama Wisata Demokrasi pada rabu (13/9), yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat umum kota Batu mengenai tata cara pemilihan dan pengenalan calon kandidat yang akan dipilih dalam pemilu.

Peresmian RPP tersebut dilakukan oleh Walikota Batu, Eddy Rumpoko.
Rochani, Ketua KPU kota Batu mengatakan tujuan RPP didirikan selain mengedukasi kepada masyarakat juga menghapus stigma tentang pemilu yang selama ini dirasakan masyarakat mengandung huru hara, kekerasan dan lain sebagainya sehingga masyarakat merasakan aman, nyaman dan mendukung pelaksanaan pemilu dengan baik.

“Pemberian nama RPP Wisata Batu adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap kota Batu yang telah dicanangkan sebagai Kota Wisata Batu di Jawa Timur.” Kata Rochani.

Gogot Cahyo Baskoro, Anggota KPU/Divisi SDM menambahkan bahwasannya dengan adanya RPP akan dapat meningkatkan literasi kepemilihan dari masyarakat yang artinya masyarakat pemilih diharapkan dapat informasi langsung tentang pemilu sehingga bisa meningkatkan sukarelawan agar mau ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam pelaksanaannya.


Dalam sambutannya Eddy Rumpoko, mengharapkan KPU bisa bekerja dengan baik dan betul-betul independen menjaga demokrasi yang bertujuan untuk kemakmuran dan kesehjahteraan masyarakat kota Batu.

” RPP harus bisa memberikan pengetahuan pendidikan politik yang lengkap seputaran pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang serta diharapkan RPP bisa didirikan di tempat-tempat wisata yang ada di kota Batu dengan harapan masyarakat menghilangkan rasa enggan atau sungkan untuk masuk dan belajar, ”Kata Eddy Rumpoko. (Spica Endrasta)