PERTUNJUKAN WAYANG  KULIT SEMALAM SUNTUK DI TAROKAN KEDIRI BERJALAN SANGAT MERIAH

Tiga Pilar Desa Tarokan Kediri

Kediri – TFBI

Rangkaian acara demi acara dalam rangka peringatan tahun baru 1 muharam 1439 H (Syuroan) dan bersih desa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Tarokan Kecamatan Tarokan Kediri berjalan dengan sukses dan sangat meriah.

 

Ribuan masyarakat Tarokan pada kususnya dan Kediri pada umumnya berduyun duyun tumplek blek di depan Balai Desa setempat mulai pukul 18.00.

Antusiasme warga kelihatan jelas karena banyaknya masyarakat yang membawa anak kecil untuk diajak jalan2 berbelanja dan mainan yang ada di sepanjang jalan serta untuk menyaksikan puncak acara Syuroan dan bersih desa.

 

Acara yang sudah masuk kalender tahunan semenjak Kepala desa di jabat oleh Supadi. SE selalu dapat menyedot ribuan warga.

 

Perlu di jelaskan, bahwa dalam rangka peringatan Syuroan dan bersih desa Tarokan di awali dengan kegiatan Ziarah kubur ke semua makam leluhur desa setempat, di lanjutkan dengan pawai arak arakan Gunungan hasil bumi yang menggambarkan kemakmuran dan rasa syukur pada Allah SWT atas semua rahmad serta kemakmuran yang diberikan pada seluruh masyarakat Tarokan.

Sedang puncak acaranya  adalah pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Purbo Asmoro dari Jawa Tengah.

Kepala Desa Tarokan Supadi, SE pada acara puncak Syuroan dan bersih desa

Acara pertunjukan wayang kulit diselenggarakan pada hari rabu, 11/10/2017 dan dibuka oleh Kepala Desa Tarokan.

 

Pada pidato pembukaannya, Kepala Desa Tarokan Supadi. SE mengatakan, “Saya mengucapkan puji syukur pada Allah SWT karena berkat Rahmad dan RidhoNya, seluruh warga Desa Tarokan makin makmur ayem tentrem. Tak lupa saya mengucapkan terimakasih pada Babinsa dan Babhinkantibmas, karena berkat kerja sama yang baik dan kompak situasi dan kondisi di Desa Tarokan selalu aman dan tentram tidak pernah ada gejolak. Tak lupa saya ucapan terima kasih pada seluruh warga Tarokan yang telah bau membahu dan kerjasama sehingga seluruh urutan acara Syuroan dan bersih desa dapat berjalan dengan lancar.

Pada penupan pidatonya, Supadi. SE berjanji akan terus mengadakan acara Syuroan dan bersih desa, karena selain untuk wujud Syukur pada Allah SWT  juga untuk menghibur semua masyarakat serta untuk mengikat rasa tali persaudaran antar warga.

 

Tidak lupa Kades mengingatkan bahwa pada hari minggu (15/10/2017), akan ada pertunjukan wayang kulit di rumahnya, masyarakat di persilahkan untuk hadir. Sebagai penutupnya Kades menyerahkan Gunungan Wayang sebagai tanda pertunjukan dimulai. ( Rs’08)