RENTENIR MENJAMUR DIWILAYAH KECAMATAN CIJERUK

Bogor – TFBI

Keresahan masyarakat terjadi di Kecamatan Cijeruk Kab. Bogor, hal tersebut karena Akhir-akhir ini diwilayah kecamatan tersebut berkeliaran dan menjamur bank-bank kecil yang mencekik masyarakat,biasanya sasaranya kaum ibu dengan iming-iming bahwa  wanita harus berdikari membantu ekonomi suami,sehingga bank tersebut menawarkan pinjaman tanpa jaminan.

beredarnya bank tersebut dengan bunga yang berbau rentenir, sangatlah tidak cocok karena Masyarakat diwilayah kecamatan Cijeruk terkenal ramah dan santun ,wilayah tersebut mayoritas para santri,pesantren juga kaum wanita dewasanya selalu rajin datang ke perkumpulan pengajian.

 

Sungguh luar biasa hal ini dapat menjerat kaum ibu tanpa melihat resikonya,seperti yang di sampaikan ida salah seorang nasabah,  ” saya minjem uang karena sangat butuh,tanpa jaminan apapun bisa minjem uang,tapi saya sangat menyesal dengan menagih tanpa prikemanusiaan,sungguh biadab,saya kapok ” keluh Ida (24/7/2017).

 

Rentenir tanpa kulonuwun keaparat pemerintah desa dan kecamatan,jenis bank tersebut Seperti koperasi bank keliling,MBK kumpulan,BPR mandiri perdana,Syariah,BTPN dan Komida. karena masyarakat desa Cipelang telah resah, maka bank tersebut disidak dikantor desa cipelang.

” Saya sebagai kepala desa disini menghimbau kepada masyarakat saya, agar jangan pernah meminjam uang riba,pemerintah sudah menyiapkan pinjaman KUR dan koperasi PNPM”  Ucap Hasan yang kesehariannya menjabat Kepala desa ( Kades Cipelang).

 

Atas sikap kades masyarakat menilai bahwa ,Sikap aparat desa sangat bagus karena telah  pro aktif mengambil tindakan langasung kepada Bank yang telah meresahkan masyarakat, Keinginan masyarakat kepada pemerintah pusat untuk mengambil sikap menyapu bersih oknum koperasi yang meraja rela yang sudah menyebar kemana-mana,mencekik masyarakat demi keuntungan pribadinya tanpa memikirkan keluhan nasabahnya alias ga mau tau,kejam dan lintah darat.semoga pemerintah melihat penderitaan rakyatnya .(Hasan)