SOSIALISASI PEMANFAATAN DATA KEPENDUDUKAN

Lembang – TFBI

Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Bandung Barat mengadakan acara sosialisasi pemenfataatan data kependudukan yang dilaksanakan di pesona bambu lembang , acara tersebut dihadiri oleh Sekda KBB Maman S Sonjaya, kepala Dinas kependudukan dan pencatatan sipil KBB H. Wahyu Diguna sekdis H. Agus Tisna kepala Bidang pemanfaatan data dan inovasi Deni kusdian serta para peserta dari sekretaris Camat dan Sekretaris Desa se Kabupaten Bandung Barat Rabu (18/10/2017).

Dalam pasal 83 UU No 23/2006 mengatakan bahwa data pendusuk yang dihasilkan oleh sistem informasi Administrasi kependudukan dan teraimpan di dalam data base kependudukan dimanfaatkan untuk kepentingan perumusan kebijakan dibidang pemerintahan dan pembangunan, pemanfaatan data penduduk sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus mendapatkan ijin penyelenggara, ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara mendapatkan izin sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur dalam peraturan Menteri.

Sesuai UU No 23 Th. 2006 (Tentang Administrasi Kependudukan) bahwa masih adanya perbedaan Adsministrasi Kependudukan antara aparat Pemerintah Daerah dengan pusat sehingga dapat menghambat kepengurusan dokumen kependudukan yang diharapkan bisa secara cepat, akurat, dan lengkap serta gratis. Maka dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan ada kesepakatan dalam memberikan Dokumen kependudukan bagi seluruh WNI. Adapun Dokumentasi Kependudukan meliputi : Biodata penduduk, KK, KTP- el, KIA, Akta, Surat Keterangan. Kata Kadinas Dukcapil KBB H. Wahyu Diguna

 

Sementara sekda KBB Maman S Soenjaya mengatakan, ” Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang menjadikan Kabupaten Bandung Barat menjadi penyelenggara dalam pembahasan tentang adsministrasi dan dokumen kependudukan sehingga membuat motifasi kami untuk bekerja lebih baik lagi supaya pelayanan dokumen kependudukan kemasyarakat lebih baik dan meningkat. ini sangat membantu kinerja Pemerintah dalam pelaksanaan pelayanan Dokumen Kependudukan yang di butuhkan oleh masyarakat Kabupaten Bandung Barat supaya masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan tidak menunggu berhari-hari dan diharapkan satu hari bisa selesai, ” Ujarnya. ( Andri )