KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT JEMBATAN INFORMASI BAGI MASYARAKAT BELTIM

 

Beltim – TFBI

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sangat penting dalam menyebarluaskan informasi publik sehingga peranannya sangat strategis sebagai media penyampai informasi kepada masyarakat.

 

Hal itu disampaikan Hartoyo selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Timur (Diskominfo Beltim) dalam acara Pembinaan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat yang berlangsung di Hotel Guess, Manggar, Selasa (10/10).

 

“Masyarakat sangat perlu informasi yang cepat. Jadi kalian (Kelompok Informasi Masyarakat) merupakan ujung tombak dalam menjembatani pemda ke masyarakat mengenai berbagai informasi yang ada di desa-desa, dimana masyarakat terbantu mengenai informasi tersebut, namun bukanlah berita hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” kata Hartoyo.

 

Acara tersebut dihadiri 100 peserta dengan melibatkan kelompok masyarakat desa yang terdiri dari kelompok usaha bersama, karang taruna, kelompok nelayan, tani, PKK dan aparatur desa dan kantor di Kecamatan Gantung, Renggiang dan Manggar.

Narasumber dalam acara tersebut Dr. Ahmad Fauzan selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Pemerintah Provinsi Babel menjelaskan Pemerintah Provinsi Babel berupaya melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat komunitas melalui kelompok informasi masyarakat di beberapa kabupaten/ kota dengan tujuan agar masyarakat bisa lebih paham dan berdaya dalam melakukan pengelolaan informasi dan teknologi yang saat ini berkembang sangat pesat.

 

 

Perihal yang sama disampaikan Soni Aprianto selaku Kabid Informasi dan Komunikasi Diskominfo Beltim yang juga ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut menjelaskan bahwa untuk memperlancar penyampaian informasi dari masyarakat ke pemerintah dan dari pemerintah ke masyarakat, diperlukan KIM yang diharapkan mampu berperan dalam peningkatan akses informasi pada masyarakat dan pemerintah.

 

Selain itu diharapkan dapat mendorong mesyarakat yang ada di wilayah desa dalam pemanfaaatan potensi desa sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat. Kemudian menfasilitasi perluasan jangkauan desiminasi dari keoompok kepada masyarakat (membentuk jaringan dengan media misalnya kelompok pembaca atau kelompok sosial lainnya).

“Kelompok Informasi Masyarakat memiliki peran strategis dalam upaya penyerapan dan penyebaran informasi sehingga kita mendorong terbentuknya KIM di Kabupaten Beltim,” kata Soni. (Red)