UPAYA MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI KAB. MALANG DENGAN KEGIATAN BINA DESA

Kab. Malang – TFBI

Silaturahmi dan dialog terbuka dengan Bupati Malang,dalam rangka Bina Desa (Bhakti Sosial Menata Desa) Madep Manteb Manetep (M3) putaran ke-7 tahun 2017 ini di gelar di lapangan Desa Sekarbanyu, Kecamatan Sumbermanjing wetan Senin (25/9) malam.

Malam dialog dengan warga ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Ir. Didik Budi Muljono, MT didampingi Kepala Dinas PU Bina Marga, Kepala Dinas PU SDA, dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, Muspika Sumbermanjinngwetan dan Kepala Desa Sekarbanyu.

Dalam sambutannya Sekda mewakili Bupati mengatakan bahwa, Bina Desa merupakan strategi pembangunan Pemkab Malang di wilayah pedesaan

“Kegiatan Bina Desa ini bertujuan untuk mensuport dan mendampingi desa dalam upaya percepatan pembangunan. Ada tiga strategi pembangunan Pemkab Malang adalah mengurangi kemiskinan, meningkatkan kepariwisataan dan pelestarian lingkungan hidup,” ungkapnya.

Selain itu dikatakan Sekda, Bina Desa selain sebagai sarana menjalin silaturahmi juga sebagai ajang untuk menyalurkan aspirasi masyarakat kepada Pemkab Malang. “Kepada bapak dan ibu yang pada malam hari ini ingin menyampaikan aspirasinya terkait pembangunan di desa Sekarbanyu silahkan disampaikan. Nanti kita akan tindak lanjuti melalui OPD terkait yang membidangi,” jelasnya.

Sekda juga mengapresiasi warga Desa Sekarbanyu yang sudah melaksanakan Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) atau stop buang air besar sembarangan. “Saya sangat mengapresiasi warga Desa Sekarbanyu dengan menggelar deklarasi ODF atau stop buang air besar sembarangan. Gerakan pembangunan untuk rakyat sehat, rapih dan bersih, melalui gerakan stop buang air besar sembarangan. Saya harap masyarakat Desa Sekarbanyu tidak BAB sembarangan lagi,” terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Sekarbanyu, Suwardji mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Malang atas pembangunan di desanya. “Terima kasih kepada Pemkab Malang atas programnya dengan diadakannya Bina Desa di Desa kami. Dan Alhamdulillah desa kami juga diikutkan dalam program bedah rumah. Dari 41 rumah yang akan di bedah sudah 10 rumah yang terealisasi pembangunanannya, sisanya menyusul,” terangnya.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, seluruh pimpinan OPD yang juga bertatap muka langsung dengan ribuan masyarakat Desa Sekarbanyu. Malam dialog ini ditutup dengan dimeriahkan hiburan Campursari New Adilaras. ( Win )