WARGA KEDIRI SANGAT ANTUSIAS NOBAR FILM PENGKIANATAN G30S/PKI

Kediri – TFBI

Setelah adanya instruksi dari Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo untuk memutar dan nonton bareng film pemberontakan G30S/PKI di lingkungan  institusinya, antusias seluruh rakyat indonesia untuk ikut Nonton Bareng (Nobar) film tersebut sangat tinggi.

Rakyat mendukung instruksi Panglima TNI tersebut karena dalam film tersebut menceritakan keganasan dan kekejaman PKI menculik dan membunuh para Jendral Angkatan Darat dan untuk selalu waspada pada bahaya laten Komunis.

 

Seperti halnya yang terjadi di Desa Damarwulan Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Masyarakat dari berbagai lapisan golongan dan tingkatan berbondong bondong menyaksikan pemutaran filn peristiwa penculikan enam Jenderal dan satu perwira pertama TNI yang merupakan rentetan aksi kekejaman PKI.

 

Enam Jenderal itu adalah Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani, Mayjen TNI Anumerta D. I. Pandjaitan, Letjen TNI Anumerta M.T Haryono, Letjen TNI Anumerta Suprapto, Letjen TNI Anumerta S.Parman, Letjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomiharjo dan Kapten CZI Anumerta Piere Tendean.

 

Film Pengkhianatan G 30S/PKI tersebut  di produksi oleh Pusat Produksi Film Negara (PPFN) tahun 1984 saat era pemerintahan orde baru, yang diputar  di Aula Kantor Desa Damarwulan dalam acara Nobar.

 

Suripto Kepala Desa Damarwulan Kepung yang masuk wilayah Koramil 0809/13  Kepung Kediri mengatakan, acara nobar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan soal sejarah bangsa tentang kekejaman dan keganasan yang dilakukan oleh pemberontak PKI pada tahun 1965 .

 

“Kami berharap dengan di selenggarakanya acara ini mudah-mudahan dapat menumbuhkan rasa patriotisme dan lebih cinta terhadap tanah air dan bangsa, serta  Nobar ini dilakukan setiap tahunnya” terang Mantan Danramil Temanggung ini. Senin (25/9/2017)

 

Dapat dilihat bersama di lokasi pemutaran, bahwa masyarakat di seluruh pelosok tampak antusias dan mayoritas mengaku tertarik untuk menonton karena bisa mendapatkan pengetahuan sejarah secara visual.

 

Sebelumnya Minggu (25/9/2017), kegiatan yang sama juga digelar oleh jajaran Koramil 0809/15 Kandangan Kediri yang dihadiri Kepala Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, seluruh perangkat desa, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, serta masyarakat Desa Kasreman yang jumlahnya juga mencapai ratusan. (Rds’08)