WEEKENDS KAMPUNG 6 WISATA DI PATOK PICIS KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG

Kab. Malang – TFBI
History kampung 6 awal mulanya ada pendatang 4 orang warga luar daerah, serta 2 orang warga asli desa patok picis bertempat di perbatasan kampung terakhir paling ujung timur berbatasan dengan perhutani yang di kenal hutan pinus .

 

saat awak media TFBI berkunjung ke weekend kampung 6 ( 10/10/2017), Jamus team lapangan bagian pelaksana menyampaikan pada th 1970, empat warga luar daerah dan dua warga asli kampung patok picis ini,yang dulunya berjumlah 6 orang membuat rumah sebanyak 6 dan mereka menanam pohon pinus serta tanaman lain,” ya bisa di katakan numpang bercocok tanam tanah milik perhutani dan sudah di ijinkan oleh perhutani kabupaten malang,” ditambahkannya, ” berdirinya tempat wisata weekends kampung 6 ini memang ada 6 unit rumah ,” Ucapnya.

 

Untuk biaya pengelolaanya jamus team keamanan serta ngaderi pimpinan LDKBH/ lembaga kemitraan desa serta syaiful pimpinan pengelola wisata weekends kampung 6 menceritakan terbentuknya tempat wisata tak lain adalah kemauan dan kebersamaan warga patok picis sebanyak 70 orang warga asli biayai dengan cara urunan / sumbangan semampunya, yaitu ada yang menyumbang 50.000.- dan 100.000.

 

Masih menurut jamus,  terbentuknya tempat wisata weekends kampung 6 ini karena kekompakan/ guyubnya warga sehingga sedikit demi sedikit mulai terkumpulnya dana untuk membangun wisata, contoh yang dominan yaitu RUMAH POHON serta taman hias dan lokasi yang menunjang di kelilingi pohon pinus.

Jamus dan ngaderi ini setiap hari ada di lokasi wisata , tempat wisata inipun juga mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten dan pemerintah desa setempat .

 

saat ini masih dalam pengurusan surat ijin ke dinas pariwisata , dan tindaklanjut dari pengurusan ijin, bahwa tempat wisata ini sudah di kunjungi dari dinas pariwisata, dinas perhubungan, serta aparat setempat seperti camat , polsek , koraml .

 

Dengan terbatasnya sumber daya manusia/SDM untuk menegement pihak pengelola perlu belajar banyak contoh mengenai pembukuan , pengurusan surat ijin, cara pembukuaan dan pengurusan dan pengembangan SDM belajar ke pihak yang ada pada bidangnya,Sementara para pengunjung yang datang tarif masuk lokasi wisata hanya di kenakan karcis parkir 5000.- ,dana ini untuk biaya tambahan membuat rumah pohon/ perawatan taman hias .

 

kepala desa patok picis Sulaiman melalui seluler ,menceritakan,” bahwa pemerintah desa akan membantu dana yang akan di ambilkan dari DD / ADD akan tetapi kami harus musrendes / musyawarah rencana desa dengan para tokoh dan warga untuk membahas tempat wisata weekends kampung 6 / rumah pohon yang di kelilingi pohon pinus,” tuturnya.